BACAAN SURAT AL ISRA' AYAT 26 - 27 TENTANG ( PEMBOROSAN ADALAH SAHABAT SYETAN

Desember 03, 2017
Pemborosan adalah sahabat syetan



ARTI  MUFRADAT


BACAAN

ARTI  MUFRADAT


AATI

BERIKANLAH

DALKHURBA

KELUARGA DEKAT / SANAK KERABAT

IBNUSSABIL

ORANG YANG DALAM PERJALANAN

BADZDZARO – YUBAZDZDIRU – TAB’DZYYRA

MENGHAMBUR - HAMBURKAN

ALMUBAZDZDIRYYNA

PEMBOROS

KAFUURAN

SANGAT INGKAR



















Pada ayat ini di terangkan , bahwa ajaran islam juga mendidik manusia suka untuk menolong orang lain, tidak berlaku boros . sebab, orang – orang yang berlaku boros adalah teman syetan.sedang ia ingkar kepada Allah.

Pada ayat 26 diterangkan , bahwa Allah memerintahkan kepada kita ( UMAT ISLAM ) Agar memberikan hak - hak kaum kerabat, yaitu hak keluarga yang dekat dengan kita .Demikian pula dengan orang - orang miskin dan tengah dalam perjalanan yang ( memerlukan pertolongan )

Dalam hal menggunakan , Allah SWT .Melarang kita berlaku boros yang di maksud boros disisni adalah menggunakan harta tidak pada jalan yang di ridhai Allah SWT .. Sebaliknya , menggunakan harta ( walaupun sedikit ) untuk sesuatu yang tidak sesuai ridhlo Allah SWT.Aadalah termasuk pemborosan 

Sedangkan pada Ayat 27 diterangkan, Bahwa orang yang menghambur - hamburkan uang secara berlebih - lebihan tanpa ada manfaatnya , Mka Allah menggolongkannya sebagai saudara - saudara syetan yang sangat ingkar kepada Allah . Mengapa di golongkan demikian , karena pada hakekatnya orang yang telah melakukan pemborosan itu mengingari nikmat - nikmat Allah dan sama seperti sifat yang dimiliki syetan.

KESIMPULANNYA :

1. ALLAH memerintahkan kepada seluruh orang yang beriman , agar memberi pertolongan kepada semua fihak yang memerlukan. miskin dan orang yang sedang dalam perjalanan .

2. Setiap orang yang beriman di tuntut untuk menempuh cara hidup sederhana Sedangkan konsep sederhana menurut Islam adalah : 
a . Tidak boros , maksutnya tidak menggunakan harta ke jalan yang maksiat yang tidak di ridhoi oleh Allah SWT .

b. Tidak kikir , Artinya rela berkorban di jalan Allah SWT. dan rela mengeluarkan hak orang lain yang ada di dalam hartanya .

3. Boros dan bermegah - megahan adalah sifat hidup yang di ajarkan oleh syetan. Sedangkan ia ( SYETAN ) adalah musuh manusia yang paling nyata .
                                                                                                    

                                                                                       Belajar .com

Previous
Next Post »
0 Komentar