DEFINISI TAKWA

Desember 14, 2017

DEFINISI TAKWA 

إمتيسالو أواميريلاهي عزة وجالا وجتينا بونواهيهي سيرا وعانياتا

IMTISALU AW WAMIRILLAHI AZZA WAJALLA WAJTINA BUNAWAHYYHI SIRRA WA 'ALAANIYATA

ARTINYA : Melaksanakan segala perintah Allah ' AzzA wa jalla dan menjahui segala larangan-Nya , baik secara rahasua maupun secara terang - terangan .


 Dalam Ayat ini , Allah menjelaskan tentang tanda - tanda orang yang benar - benar beriman dan bertaqwa . Orang yang Imannya benar dan bertaqwa adalah Orang yang melakukan kebajikan , yaitu yang meliputi aktifitas Ruhani dan Jasmani.

AAdapun orang - orang yang ingin memperoleh kebajikan atau ingin menjadi orang yang bertaqwa haruslah memiliki syarat - syarat sebagai berikut :

1. Percaya beriman kepada Allah , hari pembalasan , Para Malikat , kitab - kitab yang diturunkan oleh Allah melalui para utusan-Nya serta beriman terhadap adanya para Nabi Allah . Iman kepada Allah sangat besar pengaruhnya terhadap ( kehidupan ) akal manusia .Karena ia akan mengetahui kewajibannya terhadap Allah ,Dan bertaqwa serta takut akan siksa-Nya pada hari kiamat kelak . Hanya orang yang beriman kepada Allahlah yang berusaha menjauhkan dirinya dari siksa akhirat dan menjaga sanak keluarga ( KERABATNYA ) dari api neraka. 

Di samping itu , Iman kepada Allah merupakan sumber moral yang paling utama .Sehingga dapat di pastikan ,bahwa setiap orang beriman ( PASTI ) akan selalu menghindarkan dirinya dari perbuatan yang tidak baik dan berusaha untuk berbuat yang baik. Iman kepada hari kiamat dan hari pembalasan segala perbuatan yang telah di lakukan manusia . Manusia tidak akan bisa menghindari dari segala perbuatan yang pernah di perbuat di dunia . Allah maha mengetahu yang di perbuat mahkluk-Nya di dunia. 

Iman kepada hari akhir inilah yang mendorong manusia untuk berbuat baik dan menjauhkan diri dari perbuatan keji. 

Iman kepada malikat berarti : Percaya akan adanya malaikat yang di beri tugas untuk engawasi manusia , yaitu mencatat segala amal perbuatan. Hingga tak satupun yang nanti dapat di sembunyikan di akhirat di hadapan Allah SWT. 

Iman terhadap kitab - kitab yang di turunkan oleh Allah terhadap para NABI yang di utus masing - masing menyampaikan kepada umatnya Iman terhadap semua itu menyebabkan manusia di jamin tidak akan tersesat selamanya .sebab semua merupakan perintah Allah ,Sedang Allah akan membalas hamba yang selalu mentaati perintah-Nya. 

2. Memberikan sebagaian dari harta kesayangan ( BERSEDEKAH ) kepada orang - orang yang membutuhkan , Termasuk sanak kerabat , Fakir miskin , Orang - orang yang meminta - minta karena tidak mempunyai harta serta hamba sahaya untuk keperluan kebebasan dirinya yang masih berada dalam ikatan tuannya .

3. Mendirikan Shalat lima waktu dan membayar ZAKAT , Keduannya termasuk rukun Islam yang paling banyak di sebut dalam AL QUR'AN . Kedua perintah tersebut merupakan perwujudan dari sikap tunduk dan patuh kepada Allah SWT. semata.

4. Menepati janji yang merupakan kewajiban sebagaimana yang telah di perintahkan di dalam penjelasan Ayat - ayat yang telah lalu , Baik janji yang berhubungan dengan Allah maupun dengan sesama ( MANUSIA ) .

5. Memiliki sifat sabar , Sebab Allah menyukai Orang - orang yang mempunyai sifat sabar dalam menghadapi kesempitan , kesusahan ataupun dalam peperangan . Sabar berarti menyerah tanpa syarat ,terus berusaha dengan hati yang teguh ,sampai cita - citanya berhasil di raih .Demikian juga sabar di waktu menerima cobaan dari Allah SWT. Kita wajib Ridha dan Ikhlas , Bahwa semua-Nya berasal dari-Nya.


ADAPUN CIRI - CIRI TAQWA YANG LAIN YANG TIDAK DI SEBUT DALAM AYAT DI ATAS ANTARA LAIN : 

1. Mudah ( tabah ) menghadapi segala problema hidup.
2. Gemar menunaikan yang haq dan benar.
3. Menjahui segala yang batil dan yang salah.
4. Mau mengakui kekurangan diri sendiri dan tidak segan untuk meminta MAAF.
5. Selektif ( Hati   hati ) dalam segala tindakan.
6. Memiliki perangai dan sifat keutamaan yang terpuji.

KESIMPULANNYA :

1. ALLAH menjelaskan ,Bahwa kebaikan itu bukanlah menghadap wajah ke arah TIMUR atau BARAT ( KIBLAT ) Akan tetapi yang di maksud kebaikan Adalah Beriman akan adanya ALLAH , MALAIKAT, HARI AKHIR , KITAB DAN PARA NABI-NYA.

2. Orang bertaqwa adalah mereka yang beriman dan di buktikan dengan amal perbuatan . Seperti memberikan harta yang di sayangi kepada orang yang lebih membutuhkan , mendirikan Shalat , menunaikan zakat , menempati janji dan  sabar serta bentuk - bentuk kebajikan yang lain.



Latest
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Sangat membantu untuk saya, Semoga tulisan materi takwa nya menjadi amal sholeh buat penulis dan semua yang membantu menyebarkan.

    BalasHapus