BACAAN SURAT AL LAIL AYAT 8 - 11TERJEMAHAN , KANDUNGAN AYAT SERTA KESIMPULANNYA

Desember 12, 2017
BACAAN SURAT AL LAIL AYAT 8 - 11TERJEMAHAN SERTA KANDUNGAN YANG TERDAPAT PADA AYAT - AYATNYA


 ARTI MUERADANYA :

بَخِلَ     : KIKIR TIDAK MAU MEMBELANJAKAN HARTA DI JALAN ALLAH SWT.

اسْتَغْنَىٰ : MERASA ( DIRINYA ) SERBA BERKECUKUPAN /KAYA                                                                TIDAK MEMBUTUHKAN ORANG LAIN

فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْعُسْرَىٰ  : KAMI AKAN MEMUDAHKAN DAN MENYEDIAKAN BAGINYA  SARANA-                                    SARANA KEBURUKAN SERTA SEMUA HAL YANG MENGAKIBATKAN                                        KESULITAN ( KELELAHAN )

تَرَدَّىٰ : TERJERUMUSLAH / BINASA ( DI DALAM NERAKA )

KANDUNGAN AYAT :

Melalui ayat ini ,Allah SWT. mengingatkan kembali tentang akibat dan kesesatan yang diterima oleh orang-orang yang bakhil. yang pada umumnya mengandung 3 sifat di antaranya :

1. Orang-orang yang mengegenggam tangannya tidak mau mengulurkan tangannya kejalan kebaikan dan tidak mau mengeluarkan hartanya demi kemasalahatan orang lain.

2. Orang yang menganggap dirinya cukup / kaya dengan harta benda yang dimilikinya , sehingga tidak membutuhkan pertolongan orang lain dan hanya mementingkan dirinya sendiri , tidak ada sedikitpun kasih sayang terdapat pada hatinya terhadap orang - orang yang lemah dan yang memerlukan bantuan. Dapat di artikan juga Bahwa ia tidak mau ( menolak ) pahala di sisi Allah karena tidak mau mengerjakan amal salih.

3. Orang yang mendustakan perkara yang terbaik , dengan kata lain mendustakan aqidah islam dan sifat-sifat terpuji yang di perintahkan oleh Allah SWT.

TIGA PERKARA TERSEBUT DI ATAS DAPAT MENGAKIBATKAN DAN MENJERUMUSKAN PELAKUNYA KEPADA JALAN YANG SESAT.

MAKA JADILAH DIA ORANG - ORANG YANG SENGSARA LAGI CELAKA.

KESIMPULANNYA :

1. Bahwa orang - orang yang bakhil dan merasa tidak membutuhkan orang lain serta mendustakan hal-hal yang baik , pasti akan menemukan kesulitan yang mencelakakan .

2. Bahwa harta kekayaan yang tidak di bersihkan dengan Zakat , Infaq , Sedekah , dan sebagainya tidak akan memberikan manfaat apa - apa bago pemeiliknya setelah  meninggal dunia ,justru akan menjadikan siksa / adzab bagi dirinya .



Previous
Next Post »
0 Komentar