BACAAN SURAT AL BAQARAH AYAT 1 - 5 ARTI SERTA ISI KANDUNGAN AYAT

Desember 07, 2017
TAKWA KEPADA ALLAH

Arti mufradat


1. hanya Allah yang mengetahuinya.
2. Kitab Al qur'an ini tidak ada keraguan di dalam nya . ( sebagai ) petunjuk bagi orang - orang yang ber taqwa.
3. Yaitu orang - orang yang beriman kepada yang ghaib dan mendirikan shalat serta menafkahkan sebagaian rizki yang kami anugerahkan kepada mereka.
4. Dan orang - orang yang beriman kepada kitab ( Alqur'an ) yang telah di turunkan kepadamu dan kitab - kitab yang diturunkan sebelummu serta mereka yakin terhadap hari khiamat.
5. Mereka itulah orang - orang yang mendapat petunjuk dari Allah.

KANDUNGAN AYAT.

1. Surat albaqarah ini di turunkan di madinah dengan jumlah yang seluruhnya 286 ayat. Sebagaian besar dari ayat ini di turunkan pada permulaan tahun Hijriyah , kecuali ayat 281 di turunkan di arafah pada waktu haji wada'  ( Haji Nabi saw yang terakhir ).

2 . Surat ini di namakan Albaqarah , karena di dalamnya di tuturkan kisah penyembelihan sapi betina yang di perintahkan Allah kepada umat Bani Israil ( terdapat pada ayat 67 - 74 Surat Al baqarah ).

3 . Sedangka Ayat 1 - 5 dari surat Al baqarah ini pada pokoknya menerangkan tentang sifat - siafat 0rang yang bertaqwaatau Al muttaqin . Di antara sifat - sifat orang yang bertaqwa adalah :

a. Beriman ( percaya ) kepada hal - hal yang ghaib , Misalnya percaya kepada adanya Allah swt , pada malaikat , neraka , surga , siratahal mustaqim dan lain ( yang berkenaan dengan yang ghaib ).
b. Mengerjakan salat fardlu 5 waktu dengan teratur dan sempurna serta ihklas dengan menambah shalat - shalat sunnah , baik pada siang maupun malam hari.
c. Membelanjakan dan menyalurkan harta ( kekayaan ) dan semua pemberian Allah ke jalan yang di ridloi oleh-Nya . Mengeluarkan zakat , bersadaqah jariyah , dan menyantuni akir miskin serta untuk kepentingan sosial / masyarakat .
d. Percaya kepada Al qur'an sebagai kitab suci yang lengkap dan sempurna , kemudian mengamalkannya dari semua segi kehidupan .Demikian juga kepada kitab - kitab Allah yang diturunkan sebelum kitab suci Al qur'an .
e. percaya akan adanya hari akhir ( kiamat ) tanpa ada keraguan sedikit pun,




Previous
Next Post »
0 Komentar